Penggunaan Energi dan Pemanasan Global: Prospek bagi Indonesia

April 22, 2010 pukul 2:34 pm | Ditulis dalam Course Assignments | Tinggalkan komentar

Agus Sugiyono, Penggunaan Energi dan Pemanasan Global: Prospek bagi Indonesia, Tugas Matakuliah Ekonomi Lingkungan, UGM, 2002.

Abstrak
Penggunaan energi dapat mencemarkan lingkungan karena adanya limbah padat, limbah cair, dan polutan akibat emisi. Dalam makalah ini akan dibahas dampak dari penggunaan energi khususnya emisi gas rumah kaca (GRK) yang erat kaitannya dengan pemanasan global.
Kyoto Protocol membuat suatu terobosan untuk membantu negara maju dalam mengurangi emisi GRK dengan menggunakan mekanisme perdagangan emisi yang sering disebut flexible mechanism. Mekanisme tersebut adalah: Joint Implementation, International Emission Trading, dan Clean Development Mechanism (CDM). Mekanisme ini memungkinkan kerjasama yang dapat saling menguntungkan antara negara maju dengan negara berkembang. CDM memperbolehkan negara berkembang menjual emisinya yang masih rendah kepada negara maju yang kelebihan emisi. Untuk melihat prospek kerjasama yang dapat menguntungkan bagi Indonesia digunakan Model MARKAL Dengan memanfaatkan CDM maka diharapkan negara berkembang, khususnya Indonesia dapat mengambil manfaat dari makanisme tersebut dengan mengembangkan energi terbarukan.

<Download full paper>

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: