Biaya Eksternal dari Pembangkit Listrik Batubara

April 29, 2010 pukul 1:39 pm | Ditulis dalam Paper | Tinggalkan komentar

Agus Sugiyono, Biaya Eksternal dari Pembangkit Listrik Batubara, Dipresentasikan pada Seminar Akademik Ilmu Ekonomi 2005, PPIE-FEUI & BI, Hotel Borobudur, Jakarta, 16-17 November 2005.

Abstrak
Dalam ilmu ekonomi lingkungan, dampak lingkungan merupakan salah satu bentuk dari eksternalitas yang merugikan. Secara umum eksternalitas merupakan suatu efek samping dari aktivitas pihak tertentu terhadap pihak lain yang dapat menguntungkan maupun merugikan. Dampak yang menguntungkan misalnya pembuatan lokasi wisata yang memberikan pemandangan yang indah bagi orang sekitarnya. Sedangkan dampak negatif misalnya polusi udara, air dan suara. Eksternalitas mengakibatkan alokasi sumber daya tidak efisien sehingga perlu campur tangan pemerintah untuk mengambil kebijakan.
Biaya eksternal pembangkit listrik menyatakan nilai moneter dari kerusakan lingkungan yang diakibatkan dari pembangkit listrik. Biaya eksternal pembangkit listrik ini merupakan biaya yang ditanggung masyarakat dan lingkungan yang tidak masuk dalam perhitungan baik produsen maupun konsumen tenaga listrik. Kontribusi terbesar dari biaya eksternal pembangkit lis trik adalah pada saat pembangkitan yang berupa dampak polusi udara terhadap kesehatan.
Dalam makalah ini akan dibahas dasar teori dan perhitungan biaya eksternal dari pembangkit listrik batubara. Biaya eksternal dihitung menggunakan analisis penyebaran dampak dari emisi (impact pathway analysis) dengan menggunakan perangkat lunak SimPacts. Biaya eksternal pembangkit listrik Suralaya diprakirakan rata-rata sebesar 0,65 cents$/kWh. Dengan adanya biaya eksternal maka biaya pembangkitan akan meningkat sekitar 15%.

<Download full paper>

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: