Perubahan Paradigma Kebijakan Energi Menuju Pembangunan yang Berkelanjutan

April 29, 2010 pukul 1:35 pm | Ditulis dalam Paper | Tinggalkan komentar

Agus Sugiyono, Perubahan Paradigma Kebijakan Energi Menuju Pembangunan yang Berkelanjutan, Dipresentasikan pada Seminar Akademik Tahunan Ekonomi I, Pascasarjana FEUI & ISEI, Hotel Nikko, Jakarta, 8-9 Desember 2004.

Abstrak
Energi sangat penting peranannya dalam perekonomian Indonesia, baik sebagai bahan bakar untuk proses industrialisasi, sebagai bahan baku untuk proses produksi, dan sebagai komoditas ekspor. Sumber energi yang digunakan untuk keperluan domestic meliputi energi fosil (minyak bumi, gas bumi, dan batubara) serta energi terbarukan (tenaga air dan tenaga panas bumi). Cadangan energi fosil akan terus berkurang seiring dengan penggunaannya. Saat ini cadangan batubara masih cukup melimpah sedangkan gas bumi dan minyak bumi masing-masing masih tersedia untuk jangka waktu sekitar 30 tahun dan 10 tahun dengan tingkat produksi seperti saat ini dan bila tidak ditemukan cadangan baru.
Pada tahun tujuh puluhan sumber daya energi dianggap masih sangat melimpah sehingga ekspor komoditas ini menjadi menyokong utama penerimaan negara. Mulai tahun delapan puluh limaan kebijakan energi sudah mulai diterapkan dengan penekanan pada intensifikasi, diversifikasi, dan konservasi. Ekspor komoditas energi mulai berkurang peranannya digantikan dengan komoditas industri berbasis manufaktur. Ekspor lebih diarahkan pada komoditas yang mempunyai nilai tambah yang tinggi dari pada ekspor sumber daya alam yang nilai tambahnya rendah. Seiring dengan proses industrialisasi ini banyak terjadi kerusakan lingkungan. Aspek lingkungan mulai mendapat perhatian dan kebijakan energi mulai diarahkan untuk menggunakan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan. Pada tahun sembilan puluh limaan mulai dirasakan keterbatasan sumber daya energi, terutama minyak bumi. Dengan kondisi ini maka perlu kebijakan yang berlandaskan paradigma baru. Dalam makalah ini akan dibahas kebijakan energi yang diperlukan serta proses pembuatannya supaya dapat memenuhi kriteria yang diharapkan untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

<Download full paper>

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: