Membuat Sendiri Gambar Seni Menggunakan Cat Minyak

Mei 23, 2011 pukul 8:25 am | Ditulis dalam Non-Technical Note | Tinggalkan komentar

© Agus Sugiyono

Meningkatkan kreatifitas anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan bereksperimen menggunakan warna cat minyak. Berikut ini akan dijelaskan secera rinci membuat gambar abstrak menggunakan cat minyak. Peralatan yang digunakan adalah:

Peralatan

1. Cat minyak ukuran kecil dengan berbagai warna
2. Tinner atau minyak pengencer
3. Kuas ukuran kecil
4. Kertas karton warna putih ukuran A4
5. Pengaduk dari lidi
6. Ember ukuran besar

Teteskan Cat Minyak

Encerkan cat dengan tinner sehingga bila cat tadi diteteskan dalam air, cat bisa cepat menyebar. Supaya merata setelah diberi tinner, cat diaduk dengan pengaduk lidi sampai merata. Setelah itu siapkan ember yang cukup besar diameternya dan diisi dengan air bersih kira-kira 10 cm tingginya. Teteskan cat minyak dengan lidi beberapa tetes di tengah ember yang berisi air. Karena sifat minyak yang tidak bisa bercampur dengan air, maka cat tadi akan menyebar dari tengah ke pinggiran ember. Teteskan lagi cat minyak dengan warna lain dengan cara yang sama. Untuk dapat hasil yang bagus, sebaiknya minimal 3 warna (misalnya: merah, kuning dan biru).

Hasil 1

Kemudian dengan menggunakan kuas kecil, cat berwarna-warni di atas air tersebut diaduk pela-pelan supaya didapat pola-pola yang bagus. Perhatikan percampuran antar warna cat dan dilihat pola mana yang dari sisi seni dianggap paling bagus. Siapkan kertas karton warna putih yang ukurannya dapat masuk ke dalam ember secara keseluruhan.

Hasil 2

Masukkan kertas tersebut ke dalam air dan dipilih posisi yang paling bagus pola warna dari cat minyak di tengah-tengah. Dengan menggunakan jari tangan, kita ratakan permukaan kertas supaya cat minyak yang ada di atas air bisa menempel semua ke permukaan kertas. Angkat kertas pelan-pelan dan pada posisi warna di atas, kita angin-anginkan kertas supaya kering dengan pelan-pelan. Contoh hasil dapat dilihat pada gambar di sebelah kanan ini.

Pamulang, 22 May 2011.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: