Outlook Energi Indonesia 2012

Oktober 24, 2012 pukul 10:50 am | Ditulis dalam Book | 2 Komentar

Adhi Dharma Permana, Agus Sugiyono,  M. Sidik Boedoyo, dan M.A.M. Oktaufik (Editor), Outlook Energi Indonesia 2012: Pengembangan Energi Masa Depan dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Ketahanan Energi Nasional, ISBN 978-979-3733-54-8, BPPT Press, Jakarta, 2012.

Abstrak

Cover Depan

Buku Outlook Energi Indonesia 2012 (OEI 2012) ini memberikan gambaran permasalahan dan tantangan energi ke depan dalam mendukung sasaran pertumbuhan ekonomi nasional sebagaimana ditargetkan dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2025.

OEI 2012 disusun dengan menerapkan dua skenario. Skenario pertama yaitu skenario dasar dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 7,6% per tahun dan skenario kedua yaitu pertumbuhan MP3EI dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 10,4% per tahun. Berbagai kemungkinan baik dalam penyediaan energi fosil, energi terbarukan maupun pengembangan pembangkit listrik diulas secara rinci dalam buku ini. Dalam menyusun buku OEI 2012 juga mempertimbangkan keterkaitan antara sektor energi dengan pembangunan ekonomi, kebijakan serta teknologi yang prospektif untuk dikembangkan di masa mendatang. Dalam jangka pendek, kedua skenario tidak memproyeksikan perbedaan yang signifikan, tetapi pada tahun 2030, kebutuhan energi sesuai skenario MP3EI diperkirakan akan mencapai 1,5 kali kebutuhan energi yang diperkirakan sesuai skenario dasar. Sumber energi fosil masih mendominasi pasokan energi tahun 2030 yaitu sekitar 82%.

<Download full paper>

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Pak agus buku ini belinya dimana ya…saya berminat.

    terima kasih Muryani

    • Bu, soficopy buku dapat didownload langsung di link “<Download full paper>”. Ibu bisa print sendiri. Kalau hardcopy tidak dijual dan sudah habis dibagikan ke instansi-instansi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: