My pets: kura-kura

Agustus 24, 2013 pukul 10:22 pm | Ditulis dalam Non-Technical Note | Tinggalkan komentar

Saya membeli 2 ekor kura-kura sekitar bulan Agustus 2012. Waktu dibeli besarnya sekitar segenggaman tangan dengan harga Rp. 40.000 per ekor. Anakku memberi nama Mamoru dan Mikko. Mamoru lebih besar dari Mikko dan berwarna hijau gelap, sedangkan Mikko agak kecoklatan. Keduanya secara fisik memang berbeda dan secara perilaku Mamoru agak penakut dan lamban, sedangkan Mikko tidak takut orang dan gesit berlarinya.

Mamoru Mikko

Kura-kura Mamoru dan Mikko

Mamoru dan Mikko saya pelihara di kebun belakang dengan rerumputan seluas sekitar 6×4 m2. Disamping rumput juga ada beberapa tanaman keras (mangga, jambu biji, dan durian dalam pot), tanaman obat keluarga (toga, seperti: kencur, suji, jahe, dan lain-lain) dan juga beberapa tanaman hias. Untuk membuat lingkungan sekitar menyerupai kehidupan kura-kura di alam, disediakan kolam kecil berisi air bersih. Pada waktu-waktu tertentu kura-kura akan berendam di kolam dan sering muncul kepalanya ke permukaan air. Kura-kura juga senang bersembunyi di tumpukan ranting-ranting dan daun-daun kering.

Kolam

Kolam Air

Kura-kura ternyata termasuk binatang yang dapat bertahan hidup dengan mencari makan seadanya di sekitarnya. Pernah saya tinggal lebaran ke luar kota selama sekitar 10 hari tanpa diberi makanan ternyata masih hidup dan tetap sehat. Makanan kura-kura bisa berupa pelet yang bisa kita beli di toko-toko ikan hias. Disamping itu, kura-kura juga senang makan keong dan cacing tanah. Sambil bersembunyi di tumpukan daun-daun kering kura-kura dapat memperoleh keong dan cacing tanah untuk kebutuhan makanan sehari-hari.

Makanan Kura-kura

Makanan Kura-kura

Kura-kura berbeda dengan penyu. Kura-kura dapat menyembunyikan kepala, kaki dan ekornya dalam cangkangnya, sedangkan penyu tidak bisa. Penyakit yang pernah berjangkit di kura-kura saya adalah jamur yang terlihat sebagai bercak-bercak putih di cangkangnya. Bercak putih tersebut dapat kita gosok pelan-pelan dengan kain supaya cangkang kura-kura sehat kembali.

 @ Agus Sugiyono

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: