Mengelola Konten di Web-site Gratis

Maret 22, 2015 pukul 6:51 pm | Ditulis dalam Non-Technical Note | Tinggalkan komentar
Tag:

Saya sangat menghargai ide dan layanan web-site gratis. Entah bagaimana mereka bisa mendanai dan mengoperasikan layanan tanpa memungut biaya apapun dari penggunanya. Saya sendiri sudah memasang artikel-artikel saya sejak tahun 1997 di http://www.geocities.com. Dengan pengetahuan tentang web-site yang masih minim, saya masukkan artikel-artikel dalam direktori Athens/academy/1943. Desain tampilan web-site menggunakan MS Office FrontPage dengan tambahan bacaan dari panduan penggunaan html. Tampilan web-site cukup sederhana namun ternyata banyak yang meng-akses dan bahkan ada beberapa orang yang menulis email menanyakan hal-hal yang lebih spesifik.

Namun sayang, entah bangkrut atau kenapa geocities.com yang gratis ditutup 26 Oktober 2009. Bagi yang mau berbayar, layanan dilanjutkan oleh Yahoo!GeoCities. Untung, beberapa voluntir membuat back-up untuk konten-konten yang ada di geocities.com yang ditutup. Dari satu host yang hilang, konten web-site saya malah disimpan oleh para voluntir di 4 host terpisah, yaitu:

http://reocities.com/Athens/academy/1943/

http://www.oocities.org/athens/academy/1943/paper.htm

http://www.oocities.com/athens/academy/1943/paper.htm

http://www.geocities.ws/athens/academy/1943/paper.htm

Meskipun demikian saya sudah tidak bisa lagi meng-update konten dalam host tersebut.

Kemudian saya coba dipindahkan konten saya ke http://www.110mb.com. Namun link ke website ini ditolak oleh Facebook karena ditengarai banyak spam yang beredar dari host ini. Akhirnya saya pindah lagi ke:

http://sugiyono.webs.com/

Keuntungan menggunakan host ini adalah bisa membuat desain web-site sendiri, disamping itu juga sudah disediakan template blog. Namun sama dengan host gratis yang sebelumnya, pada akhirnya hanya file jenis tertentu yang bisa diunggah (upload) dan untuk file htm atau html harus mempunyai akun premiun atau berbayar.

Konten artikel-artikel saya, disamping dipasang di sugiyono.webs.com, juga sudah unggah ke:

https://www.scribd.com/agussugiyono

Host ini mempunyai kelebihan karena mempunyai browser langsung menampilkan file pdf yang siap dibaca tanpa harus diunduh (download). Namun dalam perjalanan ada beberapa ketentuan yang sering menjadi kendala untuk diunduh secara langsung, seperti harus mempunyai akun di host ini maupun harus mengirim (submit) satu artikel untuk mengunduh satu artikel.

Agus Sugiyono on Scribd

Di host ini, akses sangat cepat dan yang membaca maupun mengunduh artikel yang kita sediakan jumlah pertambahannya cukup pesat. Lumayan sampai akhir tanggal 15-02-2015 akun saya sudah lebih dari 94.000 yang mengakses.

Dari berselancar mencari web-site gratis, akhirnya saya ketemu host wordpress.com. Saya menempatkan link artikel-artikel saya dengan file pdf yang tersebar di host lain dengan link di sini.

https://agussugiyono.wordpress.com/publication/

Disamping makalah, saya bisa menuangkan pemikiran saya dalam bentuk blog dan sampai sekarang masih terus saya pelihara dan perbarui. Karena host di sugiyono.webs.com sudah tidak bisa saya update secara full feature, saya mulai menggunakan dropbox.com untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu webs.com tidak bisa saya akses lagi. Dropbox.com saya gunakan untuk menyimpan file pdf, sedangkan link dari wordpress.com.

https://dl.dropboxusercontent.com/u/67194837/homepage/p1403.pdf

Setelah sekian lama menampilkan artikel dan menjadi anggota komunitas on-line, tiba-tiba muncul nama saya di web-site tertentu dengan template yang sudah ada. Web-site tersebut adalah:

http://www.researchgate.net/profile/Agus_Sugiyono

https://bppt.academia.edu/AgusSugiyono

http://scholar.google.co.id/citations?user=7VtutIEAAAAJ&hl=id

Diantara web-site tersebut, scholar.google.co.id mempunyai kelebihan karena memuat “indeks kutipan” yang menjadi indikator berapa kali makalah kita menjadi rujukan bagi makalah orang lain.

Agus Sugiyono on Google

Kebanyakan web-site mempunyai fasilitas untuk mengetahui statistik situs. Topik yang banyak diminati peselancar internet ternyata bukan topik teknis tetapi topik yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Topik seperti membuat kerajinan tangan malah yang paling banyak diakses. Saya ikut mengajak pembaca untuk turut serta memuat artikelnya. Sekecil apapun sumbangannya, akan tetap bermanfaat bagi orang lain.

Rating Artikel

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: