Penyediaan Synthetic Diesel Fuel (SDF) Berbasis Biomassa Sawit di Pulau Belitung

Februari 6, 2019 pukul 8:08 am | Ditulis dalam Research Advisor | Tinggalkan komentar

Asmah Sahfitri, Penyediaan Synthetic Diesel Fuel (SDF) Berbasis Biomassa Sawit untuk Memenuhi Kebutuhan Energi Sektor Transportasi di Pulau Belitung, Graduate Thesis, Universitas Pertahanan, 2019.

Abstrak

Pemerintah kini mulai memikirkan penghematan biaya impor BBM dengan mengamanatkan penggunaan bahan bakar nabati (BBN), khususnya untuk sektor transportasi. Salah satu opsinya adalah pemanfaatan minyak diesel sintesis (SDF) dari biomassa. BPPT bekerjasama dengan Jerman melakukan uji coba teknologi KDV (Katalytich Drucklose Verölung) untuk memproses biomassa yang mengandung karbon, hidrogen dan oksigen diolah menjadi produk berharga berupa minyak diesel sintesis dengan kandungan oksigen yang jauh lebih rendah dari pada biodiesel. Teknologi ini dikenal sebagai metode depolimerisasi dengan mengunakan katalis pada kondisi vakum yang dikembangkan oleh Dr. Christian Koch dari Alphakat GmbH, Jerman.

Pulau Belitung di Provinsi Bangka Bellitung memerlukan penghematan pendistribusian BBM untuk sektor transportasi yang dipasok dari terminal BBM Pangkal Balam, Pulau Bangka. Salah satu caranya adalah dengan menghasilkan BBM alternatif hasil olahan sumber daya alam yang ada di Pulau Belitung yaitu SDF dengan teknologi KDV. Penelitian ini dilakukan dengan mempertimbangkan permasalahan pemanfaatan BBM di Pulau Belitung dengan beberapa fokus penelitian yaitu:

  • Proyeksi kebutuhan BBM pada sektor transportasi di Pulau Belitung.
  • Inventarisasi kemampuan daerah dalam pengadaan bahan baku berupa biomassa dari perkebunan sawit.
  • Analisis keekonomisan SDF dengan pemanfaatan teknologi KDV berbasis biomassa sawit di Pulau Belitung.
  • Perumusan kebijakan penyediaan SDF biomassa sawit dengan menggunakan pendekatan system dynamics.

 

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.